Manfaat dan Bahayanya Buah Salak

Manfaat dan Bahayanya Buah Salak
Manfaat dan Bahayanya Buah Salak
Sudah tidak asing lagi buah yang satu ini dinegeri kita. Buah salak atau nama latinnya Salacca zalacca ini tumbuh dan berkembang di Indonesia, Thailand, dan Malaysia dengan mempunyai 20-30 spesies. Di Indonesia jenis salak yang terkenal ialah salak pondoh.

Kandungan buah salak dalam 100 gram antara lain :
  1. Energi 368 kilo kalori
  2. Kalsium 38 mg
  3. Karbohidrat 90.3 gram
  4. Forfor 31 mg
  5. Dan vitamin C sebesar 8.4 mg
Selain itu, buah ular ini terdapat beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Seperti menjaga kesehatan mata. Kandungan betakarotin dalam buah salak adalah 5 kali lebih dari buah mangga dan semangka. Tentu dapat menjadi alternatif bagi anda yang tidak menyukai wortel.

Kandungan potassium dan pektin diyakini dapat meningkatkan fungsi saraf pengendali detak jantung, meningkatkan kecerdasan otak, dan meningkatkan fungsi fisiologi lainnya.

Serta buah salak ini dapat membantu anda dalam program diet. Karena kandungan serat yang tinggi pada buah salak dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Jadi anda tidak akan makan dalam porsi yang banyak.

Namun dari manfaatnya buah salak bagi tubuh tersimpan sebuah bahaya terutama bagi anda penderita maag dan tifus. Karena buah salak mengandung sepat yang dapat memperparah luka lambung. Kandungan serat yang tinggi pula dapat membahayakan bagi berpenyakit tifus.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"