Setahun Berpulang, Abah Asep Tetap Ada !

Setahun Berpulang, Abah Asep Tetap Ada !
Setahun Berpulang, Abah Asep Tetap Ada !
Asep Sunandar Sunarya bersama putranya Dadan Sunandar Sunarya
Walaupun berpulang setahun yang lalu (31/03/2014), Asep Sunandar Sunarya atau yang lebih dikenal Abah Asep serasa masih ada. Terutama pada hati para penggemar wayang golek yang tergabung dalam satu wadah komunitas "Sunda Sawawa - Sunandar Saparakanca Wawanohan".

Karyanya pun masih menjadi kiblat perdalangan wayang golek, suara halimpu Arjuna dan jenakanya Astrajingga (Cepot) masih berkumandang di radio-radio sekitaran Jawa Barat dan Jakarta. Rekaman dalang yang berkarir sejak SMP ini masih terlihat dalam beberapa stasiun Tv.

Memang tidak bisa dipungkiri, saat dalang yang semasa hidupnya dihormati dan disanjungi masyarakat luas ini berpulang ke hadapan Sang Khaliq membuat masyarakat Jawa Barat kaget dan seakan tidak percaya.

Tercatat dalam sejarah bahwa Asep Sunandar Sunarya atau nama kecil Sukana ini berpulang pada Senin, 31 Maret 2014 dalam usia 58 tahun. Diduga akibat serangan jantung, dalang kahot ini memang mempunyai riwayat penyakit jantung.

Kini perjuangannya dalam mendalang dilanjuti oleh kedua putranya. Dari 14 anak hanya dua yang menjadi dalang yaitu Dadan Sunandar Sunarya (Putra Giri Harja 3) dan Yogaswara Sunandar Sunarya (Giri Harja 3 Putra).

Abah Asep terakhir manggung di Karaba, Karawang tanggal 16 Maret 2014 dengan lakon Narayana Ngadeg Raja.
"Euweuh.. euweuh nu nyaho manusa mah soal jodo, pati, bagja katut cilaka. kitu deui jeung Uing, ah teu nyangka wé sagala rupana ogé, geus kieu wé kuduna, da mémang kieu gening kanyataanana. Teu dalang, teu présidén, teu hansip, teu ulama teu saha, ari ceuk nu Maha Sutradara kudu A nya pasti kajadian A. Aaaaah tarima wé ku kasadaran da sagala gé teu hayang komo embung" - Asep Sunandar Sunarya

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"