Bisnis dan Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Bisnis dan Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan
Bisnis Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan pernuh berkah bagi umat Muslim. Apalagi di bulan ini apabila beribadah maka akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat. Bahkan melakukan ibadah sunnah pun mendapatkan pahala sama seperti ibadah wajib.

Selain investasi pahala, bulan Ramadhan juga menjanjikan berbagai bisnis dan usaha yang menjanjikan. Mungkin tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat yang seharusnya di bulan ini berhemat, malah rela menabung dari jauh-jauh bulan untuk berbelanja ria.

Berikut beberapa bisnis dan usaha di bulan Ramadhan yang cukup menjanjikan :

1. Bisnis Makanan dan Minuman

Bulan Ramadhan selalu indentik dengan Ta'jil, yaitu menu buka puasa. Mengingat sebagian besar masyarakat enggan untuk membuat menu buka puasa sendiri. Silahkan jajakan makanan anda didepan rumah atau di jalan raya dan tempat umum. Biasanya orang-orang yang pulang dari ngabuburit akan banyak mencari tempat berbuka puasa ditempat.
  • Candil, Bahan : Tepung Kanji, Ubi Jalar, Gula, dan Santan. Perkiraan modal : Rp. 25.000,-
  • Kolak Labu Kuning : Santan, Gula Merah/Aren, dan Labu Kuning. Perkiraan modal : Rp. 30.000,-
  • Kolak Pisang : Santan, Gula Merah/Aren, dan Pisang Nangka. Perkiraan modal : Rp. 20.000,-
  • Es Pisang Ijo : Tepung beras, Tepung Terigu, Pisang, Pewarna Hijau/Daun Pandan, dan Sirup. Perkiraan modal : Rp. 40.000
  • Sup Buah : Buah Mangga, Semangka, Nanas, Timun Suri, Tomat, dll. Perkiraan modal : Rp. 30.000
  • Es Kelapa Muda : Kelapa Muda, Susu Kental Manis/Gula Aren, Air Gula. Perkiraan modal : Rp. 100.000
  • Lumpia Basah : Kulit Lumpia, Bumbu Oles (Gula dan Tepung Kanji), Bengkuang, dan Tauge. Perkiraan modal : Rp. 100.000
Perkiraan modal diatas hanyalah prediksi, tentu harga dipasaran akan lebih murah atau mahal. Dan beberapa modal diatas hanya untuk porsi 7-12 orang.

2. Bisnis Alat Kelengkapan Ibadah

Biasanya sebelum atau hari-hari pertama di bulan Ramadhan, orang-orang akan membeli berbagai kelengkapan Ibadah untuk mengganti barang yang lama. Terlebih dengan alasan ingin khusyuk ibadahnya membuat orang-orang berlomba-lomba mengganti alat Ibadahnya dengan yang baru dan bagus.

Manfaatkanlah keadaan ini dengan menyajikannya dirumah, karena kondisi orang yang sedang berpuasa mengakibatkan malas berbelanja ke Pusat Perbelanjaan. Anda bisa menawarkannya ke tetangga anda dengan dalih untuk menghemat ongkos pergi, dengan begitu tetangga anda akan membelinya. Jangan lupa untuk menyediakan barang berkualitas agar konsumen semakin yakin untuk membelinya.

3. Bisnis Mainan dan Jasa bagi Anak-Anak

Salah satu kebiasaan masyarakat sebelum adzan maghrib tiba ialah Ngabuburit. Istilah bagi mereka yang berbelanja atau sekedar jalan-jalan di sore hari sebelum buka puasa (Burit dalam bahasa Sunda bearti Sore Hari). Tempat biasanya yang dituju ialah lapang dan jalan yang sepi kendaraan.

Carilah tempat keramaian tersebut dan suguhkanlah permainan anak-anak seperti Odong-odong, mancing ikan-ikanan, sewa sepeda, dan lainnya. Berhubung dalam ngabuburit pasti sebagian besar adalah anak-anak, serta anak-anak yang suka membeli mainan membuat anda bisa menjual berbagai jenis mainan.

4. Bisnis Kue dan Parcel Lebaran

Bisnis menjanjikan selanjutnya ialah bisnis kue dan parcel lebaran. Mengingat saat lebaran keluarga besar berkumpul bersama di rumah dan para tetangga yang silih berganti untuk bersilaturahmi membuat kita sibuk membuat berbagai olahan kue. Ingat sebagian besar masyarakat malas membuat kue dan membuat mereka untuk membeli kue dari orang lain. 

Bukan hanya itu, bisnis berjualan parcel lebaran pun menjanjikan. Sebuah bingkisan yang berisi berbagai macam makanan, seperti buah-buahan, sirup, kue, dan lain-lain. Parcel sendiri mempunyai fungsi sebagai kado lebaran.

5. Bisnis Baju Lebaran

Bisnis yang satu ini tak kalah penting, hampir semua masyarakat Indonesia membeli baju trend dan bagus untuk mereka pakai di hari lebaran. Entah awal mulainya kebiasaan masyarakat ini, namun dari tahun ke tahun kebiasaan ini seakan menjadi budaya. Inilah yang harus anda manfaatkan.

Seperti yang saya ulas pada poin kedua, bahwa hendaklah anda mempunyai produk yang berkualitas baik dan lakukanya strategi pemasaran. Contoh sederhana ialah menjajakan produk ke tetangga dekat atau teman anda, beritahukan bahwa kualitas produk anda baik dan belanjanya pun tidak memerlukan ongkos. Karena mengingat semakin menuju lebaran, semakin sibuklah orang-orang.

6. Bisnis Kartu Ucapan Selamat Lebaran

Memang jarang sekali orang menggunakan kartu ucapan selamat, akan tetapi ketika anda melihat orang yang sedang butuh jasa untuk membuat kartu ucapan ini adalah bisnis menjanjikan bagi anda. Jika mempunyai modal dan alat yang menunjang cukup maka jangan berfikir panjang langsung saja terima tawaran tersebut.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"