Inilah Artis dan Pelawak yang Meninggal di Hari Jum'at

Inilah Artis dan Pelawak yang Meninggal di Hari Jum'at
Inilah Artis dan Pelawak yang Meninggal di Hari Jum'at
Menjadi pelawak merupakan seorang seniman. Dimana seseorang mendedikasikan dirinya sebagai penghibur bagi masyarakat luas. Tentu bisa menjadi ladang pahala karena bisa membahagiakan orang.

Terlepas dari itu, berikut merupakan beberapa artis dan pelawak yang meninggal di hari dan malam Jum'at, sebuah hari yang dijuluki "Rajanya Hari". Karena dalam suatu hadits disebutkan bahwa seseorang meninggal pada malam atau hari Jum'at, maka terbebas dari fitnah kubur. Akan tetapi semua hadits menurut sebagian ulama dikategorikan dhaif (lemah). Dan urusan khusnul khatimah kembali lagi terhadap amal yang diperbuatnya.

1. Kang Ibing

Kang Ibing alias Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata ini lahir pada tanggal 20 Juni 1946 di Sumedang, Jawa Barat. Kang Ibing terkenal akan sosok Kabayan yang diperankannya pada film "Si Kabayan" pada tahun 1975. Beliau juga tergabung dalam grup lawak "De Kabayan’s" bersama Aom Kusman, Suryana Fatah, dan Mang Ujang.

Kang Ibing meninggal di Bandung, 19 Agustus 2010 akibat sakit jantung. Beliau meninggal di malam Jum'at pukul 20.45, sebelumnya terjatuh di depan rumahnya setelah membeli goreng tahu. Kang Ibing dimakamkan di tanah kelahirannya Sumedang, Jawa Barat. Tepatnya di pemakaman Gunung Puyuh, Kabupaten Sumedang.

2. Aom Kusman

Aom Kusman Kartanagara lahir di Sukabumi, 24 Juni 1946. Seorang pelawak dan pembawa acara senior. Aom Kusman juga tergabung dalam "D Kabayan's" bersama 3 sahabatnya. Beliau juga membawa sebuah acara kuis "Siapa Dia?" di TVRI Nasional dari tahun 1992-1998. Hampir semua film yang ia perankan selalu sebagai orang Sunda.

Beliau meninggal di Bandung, Jawa Barat pada hari Jum'at, 23 Desember 2011 akibat penyakit diabetes yang ia derita. Aom Kusman meninggal saat adzan Subuh berkumandang dihadapan keluarganya. Pada hari Selasa, 20 Desember 2011 Aom Kusman dikabarkan meninggal bahkan menjadi trending topic, namun dibantah karena beliau masih dirawat.

3. Didi Petet

Bernama asli Didi Widiatmoko lahir di Surabaya, 12 Juli 1956. Nama "Petet" setelah nama pertamanya ia pilih karena teman-teman SMA-nya selalu memanggilnya petet. Banyak sekali film dan sinetron yang ia bintangi. Film yang terkenal ialah Si Kabayan Saba Kota dan Catatan Si Boy . Selain itu banyak penghargaan yang ia raih seperti Aktor Terpuji Festival Film Bandung (1988, 1989, 1994).

Beliau meninggal di Tangerang, Banten pada hari Jum'at, 15 Mei 2015 akibat penyakit maag-nya. Meninggal di waktu Subuh dan dipangkuan istrinya, Uce Sriasih. Sampai 7 hari setelah kematiannya, Uce Sriasih masih tidak percaya bahwa suaminya telah meninggal. Didi Petet terakhir memerankan Kang Bahar di Preman Pensiun RCTI, dan sedang syuting Preman Pensiun 2.

4. Mpok Nori

Mpok Nori atau bernama asli Nuri Sarinuri lahir di Batavia, 10 Agustus 1930 (Jakarta, sebelum Indonesia merdeka). Seorang pelawak dengan logak khas Betawi, selain melawak beliau juga sering memerankan beberapa film. Pelawak yang terkenal akan kelincahannya ini sebelumnya menggeluti profesi sebagai penari Betawi dan bintang Lenong.

Mpok Nori meninggal di Jakarta, Indonesia pada hari Jum'at, 3 April 2015 akibat penyakit Asma yang selama ini ia derita. Beliau dimakamkan di Pondok Rangon, Jakarta yang merupakan keinginannya saat masih hidup.

5. Olga Syahputra

Terlahir dengan nama Yoga Syahputra merupakan anak pertama dari pasangan Nur Rahman dengan Nurhida ini merupakan seorang pelawak dan presenter. Olga yang dulunya seorang asisten penyanyi Rita Sugiarto mempunyai hidup yang mulus. Bahkan ia pernah menjual kulkas milik orang tuanya demi cita-citanya menjadi seorang artis.

Yoga meninggal di Singapura pada hari Jum'at, 27 Maret 2015 pada pukul 17.17 waktu Singapura akibat penyakit Meningitis. Sebelumnya ia menjalani di Rumah Sakit Pondok Indah lalu ke Jerman, sampai akhirnya ia dirawat di Rumah Sakit Mont Elizabeth, Singapura untuk terakhir kalinya.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"