Inilah Inovasi Birokrasi Reformasi Ridwan Kamil Selama 18 Bulan

Inilah Inovasi Birokrasi Reformasi Ridwan Kamil Selama 18 Bulan

Inilah Inovasi Birokrasi Reformasi Ridwan Kamil Selama 18 Bulan

Rupanya Ridwan Kamil geram dengan sebuah kritikan pedas dari Muradi seorang pengamat politik Universitas Padjadjaran Bandung. Ia menuding Kang Emil tidak melakukan Inovasi Birokrasi Reformasi.

Atas tudingan itu, Kang Emil mempublikasikan semua inovasi reformasi birokrasi di halaman resminya di Facebook. Emil mengatakan bahwa ini bukan karena tidak menerima kritik, akan tetapi ia menggunakan hak jawabnya kepada publik via sosial media (Facebook) agar warga kota Bandung tidak termakan asumsi seperti itu.

Berikut daftar  Inovasi Birokrasi Reformasi oleh Ridwan Kamil Selama 18 Bulan Menjabat :

  1. Lelang jabatan terbuka eselon 2 kepala dinas (3 kali) dengan bantuan tim seleksi dari Unpad/Unpar/Polrestabes/Kodim.
  2. Launching Rapor Camat dengan hasil 10 indikator. Hasilnya 10 camat terbaik rapornya, dipromosikan di bulan Januari 2015, diberi hadiah studi banding ke Korea Selatan.
  3. Launching Rapor Lurah, 10 lurah terbaik diberi isentif di bulan Maret 2015.
  4. Launching SIP (Sistem Informasi Pemerintahan), www.sip.bandung.go.id. Ini adalah rapor pelayanan publik oleh warga kepada Lurah/Camat. Warga bisa memberi nilai merah atau biru pelayanan camat/lurah.
  5. Launching Hibah/Bansos online, untuk menghilangkan potensi korupsi. Dengan memberi proses hibah/bansos secara transparan dan warga bisa memonitor. Mendapat Inovation Award dari Kemenpan.
  6. Menghapus tim penagih pajak lapangan yang diduga sering menjadi praktik KKN. Menghilangkan rutinitas korupsi senilai lebih dari 25 M.
  7. Launching Penerimaan Peserta Siswa Didik Baru masuk SMP/SMA/K secara online. Menghapus potensi jual/beli kursi yang disinyalir sekitar lebih dari 30 M per tahun.
  8. Membentuk TABG (Tim Ahli Bangunan Gedung), kelompok para ahli profesional dan transparan, yang memeriksa gambar-gambar sebelum diberi IMB oleh Pemkot. Menghapus KKN izin bangunan.
  9. Me-Launching program anti korupsi/grafitikasi, awal tahun 2014 untuk mencegah secara sitematik peluang korupsi di Birokrasi Pemkot Bandung. Mendapat 3 award dari KPK di bulan Desember di Yogyakarta.
  10. Memperbaiki rapor pelayananan publik dinas-dinas Pemkot Bandung. November 2013 rata-rata rapor merah. Setelah direformasi, di bulan Agustus 2014 mendapat awardi dari Ombudsman Pusat karena rata-rata kualitas pelayanan publik sudah rapor hijau.
  11. Me-Launching e-musrenbang, e-planning, e-budgeting, e-contract, e-controlling di November 2013. Upaya agara reformasi managemen internal Pemkot bisa terpantau dengan sistematis dan transparan.
  12. Launching LAPOR sistem pelaporan/komplain warga secara online. SMS ke 1708. Bisa via twitter/facebook.
  13. Kota pertama yang mewajibkan semua dinas menggunakan twitter untuk berkomunikasi tanpa sekat dengan warga secara virtual.
  14. Launching Unit Reaksi Cepat Tambal Jalan: jalan bolong sekala menengah, sukup lapor ke DBMP dan bisa diperbaiki 1X24 jam. Jumlah 6 unit di 6 wilayah Kota Bandung.
  15. Launching Pukesmas 24 jam untuk warga miskin yang tak mau repot ke Rumah Sakit. juga launching Ambulan gratis. Upaya reformasi pelayanan lebih baik kepada warga miskin Bandung.
  16. Launching Pukesmas yang bisa rawat inap untuk penyakit kronis. Upaya reformasi pelayanan publik kepada warga miskin Bandung.
  17. Memperbanyak barang/jasa via e-catalog. Untuk mempercepat pembelian barang tanpa lelang konvesional yang biasanya penuh KKN.
  18. Mengubah antrian dokter di RSUD Ujung berung, dari konvesional dengan SMS. Akibanya warga tidak perlu datang subuh-subuh mengantri secara fisik untuk mendapat layanan dokter pagi hari, karena diganti dengan antrian SMS. 
  19. Launching SMARTCITY, mengubah paradigma pelayanan kepada warga menjadi cepat, akurat berbasis teknologis.
Itulah daftar inovasi birokrasi reformasi Pemerintah Kota Bandung selama 18 bulan. Adanya daftar ini menjadi penyemangat warga untuk memberikan dukungan kepada pemerintah yang sudah baik menjalankan tugas.

Sumber : Fansfage Ridwan Kamil Untuk Bandung dengan pengubahan.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"