Kemanakah Program Televisi yang Mendidik ?

Kemanakah Program Televisi yang Mendidik ?
Laptop Si Unyil - Kemanakah Program Televisi yang Mendidik ?
Sumber : s.tvguide.co.id
Waktu ke waktu semua stasiun televisi di Indonesia saling berlomba-lomba dalam membuat sebuah program acara yang dapat menarik bagi penonton. Tak ayal mereka rela menampilkan apa saja yang sedang ngetrend di masyarakat, tanpa mempedulikan apakah tayangan mereka layak di tonton anak-anak.

Ya, inilah permasalahan saat ini. Acara televisi diyakini sebagai salah satu penyumbang rusak moralnya anak-anak. Mengingat sekarang jarang sekali ada acara yang khusus untuk anak-anak. Hanya segelintir stasiun yang masih mempertayangkan acara anak yang mendidik.

Inilah yang menjadi pekerjaan bagi orang dewasa, bagaimana cara memberitahu anak bahwa acara itu tidak layak bagi usianya. Sering kali kita melihat sebuah tulisan di salah satu sudut tayangan, seperti R, R-BO, D, A-BO, dan SU. Namun tulisan itu sekarang seakan menjadi hiasan belaka.

Tapi tahukah anda ? Hampir semua tayangan televisi menggunakan kode R-BO (Tanyangan khusus remaja dan wajib dibimbing oleh orang tua). Mulai dari acara musik, masak, kuis, sampai acara gosip juga diberi kode R-BO. Nah, pertanyaannya kemanakah program A-BO yang dikhususkan untuk anak-anak.

Salah satu acara anak-anak yang dikategorikan sebagai acara mendidik ialah Laptop Si Unyil Trans 7. Sebuah acara yang tayang perdana pada 19 Maret 2007 ini selalu menyajikan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahkan mendidik dengan memberikan berbagai resep makanan bergizi dan kreatif. Jika ingin melihat catatan harian Si Unyil bisa dilihat di blog Laptop Si Unyil.

Contoh selanjutnya ialah serial kartun Adit dan Sopo Jarwo MNC TV. Kartun ini merupakan serial kartun perdana bagi MD Animation, namun berhasil memikat hati masyarakat luas. Selain pemain tokoh kartun yang jenaka, juga mendidik dalam hal kejujuran.

Bukan hanya itu, Dinas Pemadam Kebakaran bekerja sama dengan MD Animation untuk membuat episode yang berkenaan simulasi kebakaran. Tayangnya pun bukan hanya di MNC TV saja, hampir seluruh stasiun televisi juga ikut menayangkannya.

Pada akhirnya kembali kepada stasiun televisi tadi, seharusnya seluruh program acara harus menyajikan tontonan yang menarik dan sekaligus menjadi tuntunan yang baik bagi masyarakat. Dan jangan pernah rampas hak anak untuk menonton acara sesuai usianya dengan acara yang seakan hanya mendapatkan peringkat bagus tanpa melihat kualitasnya.


Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"