Keunikan Jajanan Khas Kota Bandung

Keunikan Jajanan Khas Kota Bandung
Seblak - Keunikan Jajanan Khas Kota Bandung

Tidak akan ada habisnya bila membicarakan kota yang satu ini. Kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya ini akan memberikan sejuta kesan bagi siapa saja yang mengunjuginya.

Ya, Kota Bandung. Sebuah kota yang dikelilingi gunung ini menyediakan banyak pilihan wisata. Mulai dari wisata alam, taman, pakaian, bahkan wisata kuliner.

Salah satu keunikannya ialah beragam makanan jajanannya. Banyak kreasi makanan baru yang lahir di Kota Ini. Jangan salah kerupuk merah yang direndam lalu dimasak dengan bumbu saja bisa menjadi jajanan.

Seblak namanya, tidak diketahui sejarah awal adanya makanan ini. Pastinya makanan ini sudah lama ada dan digemari seluruh kalangan usia. Selain harga yang murah dan mudah dijangkau, seblak ini mempunyai rasa pedas yang segar. Memang makanan ini selalu disajikan dengan rasa pedas.

Ada lagi yang namanya Cilung singkatan dari Aci digulung (Tepung kanji yang digulung). Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari tepung kanji yang diberi air supaya encer lalu dimasak di atas wajan anti lengket. Jika sudah mengental lalu gulung dengan tusuk bambu dan silahkan beri bumbu garam.

Cilok (Aci di colok) ini bukan menjadi hal yang aneh bagi masyarakat Jawa Barat bahkan khalayak luaspun mengetahui jajanan ini. Makanan ini terbuat dari tepung kanji yang diolah sampai kalis dengan bumbu lalu direbus dan disajikan dengan cara di tusuk. Sekarang makanan ini bukan hanya ditemukan di Jawa Barat saja, tetapi kota besar lainnya seperti Jakarta.

Bukan hanya jajanan yang mudah ditemukan di jalanan bebas. Restorant-restorant di Bandung pun seakan-akan berlomba menyajikan makanan yang unik. Contoh saja Bakso Barbel milik seorang artis yaitu Agung Hercules. Semua seperti bakso, meja, botol kecap dan saus, bahkan tempat tisu pun berbentuk barbel.

Silahkan bagi anda yang ingin mencoba menikmati bakso barbel ini di Jalan Terusan Jakarta No. 234 / Kavling 22 Puri Dago – Antapani dan Jalan Riau No. 205 Bandung.

Itulah sebagian kecil dari berbagai makanan yang unik di Kota Bandung. Masih banyak kreasi dan inovasi kuliner yang ada di Kota Bandung. Penasaran ? Yuk, kunjungi Kota Bandung beserta sanak keluarga anda.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"