Masih Minatkah Dengan Sesuatu Berbau Tradisional ?

Masih Minatkah Dengan Sesuatu Berbau Tradisional ?
Masih Minatkah Dengan Sesuatu Berbau Tradisional ?


Salah satu perbedaan masa kini dengan dahulu ialah dengan perubahan budaya yang signifikan terutama gaya hidup pada jenjang anak-anak dan remaja. Perubahan ini seiring dengan kemajuan teknologi seperti gadget, pc, media massa, dan lainnya.

Perubahan paling menonjol ialah kememinatan anak terhadap permainan tradisional semakin kurang, terutama pada daerah perkotaan. Jangankan perkotaan, daerah pedesaan pun sekarang sudah jarang ditemukan anak-anak yang masih mempertahankan permainan tradisional.

Padahal permainan tradisional terkandung banyak manfaat dan tidak sedikit mempunyai nilai filosofi yang tinggi. Contohnya ketika anak-anak bermain ucing-ucingan (kucing-kucing) membuat mereka mengerti sebuah kebersamaan. Dari kebersamaan itulah yang membuat anak-anak memiliki sifat empati dan simpati kepada temannya.

Selain permainan tradisional, makanan tradisonal kini juga sudah mulai ditinggalkan. Beberapa tahun lalu, kita masih menemukan tukang yang berjualan makanan tradisional. Apakah hilangnya tukang berjualan itu menjadi penyebab kurangnya minat ? Tentu saja tidak, seorang tidak akan menjual barang atau jasa jika tidak ada yang menjadi konsumen itu sendiri.

Anda teringatkah dengan jajanan aromanis rambut nenek ? Sebuah camilan yang manis berbahan utama gula pasir dan terigu ini sudah langka di temukan. Bahkan beberapa kota besar sulit sekali menemukan tukang yang berjualan jajanan tradisional.

Dan sadarkah anda salah satu budaya kita yang terkenal di dunia yaitu Budaya Malu dan Bersapa sudah mulai menghilang. Pada masa sekarang, orang-orang enggan dan canggung menyapa orang lain apalagi dihadapan umum. Jarang sekali orang menyapa kepada orang yang tidak dikenalnya.

Bukti nyata tentang budaya malu sudah hilang ialah pemakaian pakaian yang ketat dan minim, apalagi kaum hawa kini sudah berlomba-lomba dalam hal memendekan pakaian. Padahal bangsa kta terkenal dengan kewibawaan dalam hal pakaian.

Begitu banyak sesuatu hal yang berbau tradisional mulai hilang dari lingkungan kita. Kita boleh berbangga dengan sesuatu yang modern, tapi jangan meninggalkan sesuatu yang tradisional karena itulah budaya kita.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"