Usaha yang Menguntungkan di Daerah Kampung

Usaha yang Menguntungkan di Daerah Kampung
Usaha yang Menguntungkan di Daerah Kampung
Hidup di kampung jangan dibuat bingung untuk selalu berusaha mendapatkan uang. Memang orang-orang masih beranggapan bahwa hidup di kampung itu sulit untuk mencari penghasilan, tapi mungkin anda bisa beberapa usaha yang cukup menjanjikan.

Sebenarnya bisnis yang menjanjikan di daerah kampung ini sebagian besar adalah bisnis jasa. Terlebih kalau mendekati hari raya atau libur panjang. Pasti jasa ini membuat anda tidak bisa diam diri dan dibuat sibuk olehnya. Apa saja itu ? Yuk, tengok bahasan berikut

1. Jual Kayu Bakar

Sebagian besar masyarakat daerah kampung masih menggunakan tungku kayu untuk memasak, seperti hawu (Sunda). Tentu kayu bakar yang menjadi bahan bakarnya, selain itu kini masyarakat mulai malas pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar. Maka dari itu, anda yang mempunyai tenaga yang prima manfaatkan keadaan ini. Satu tanggungan saja bisa mencapai 45.000 IDR

2. Jual Gula Aren/Kelapa

Gula adalah kebutuhan sehari-hari, gula aren tak kalah dari gula pasir dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terutama saat bulan Ramadhan dan hari-hari sebelum lebaran serta ada hajatan besar. Menurut riset yang saya lakukan pada daerah Sirnaputra, Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, bisnis ini cukup menjanjikan.

Menjelang lebaran, warga yang mempunyai pohon aren disibukan oleh pesanan orang-orang yang ingin membeli gula untuk dibawa ke kota. Bayangkan, satu bungkus gula berisi 10 buah (ukuran sedang) bisa mencapai 30.000 IDR sampai 40.000 IDR. Satu hari saja menerima 10 pesanan, bearti anda menerima keuntungan sebesar 300.000 IDR lebih.

3. Jual Air Bersih

Memasuki musim kemarau membuat susah untuk masyarakat mencari air bersih. Jikalau ada pasti hari naik ke gunung atau ke hutan untuk mencari air, dan tidak semua orang mampu untuk pergi mencari air. Kondisi inilah yang membuat orang-orang rela membayar orang untuk mengambil air.

Bayangkan satu tanggungan untuk 2 jerigen berisi air 20 liter aja dibayar 20.000 IDR, bagaimana kalau orang yang membeli jasa kita 10 orang, maka penghasilan yang kita dapatkan ialah 200.000 IDR

4. Jasa Transportasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa akses menuju kampung sangat susah, terlebih transportasi jarang sekali ditemukan. Inilah yang menjadi lahan bisnis untuk anda, dengan bermodalkan sepeda motor atau mobil tua. Ingat ! Biaya transportasi di kampung jauh lebih besar ketimbang di perkotaan, mungkin karena jarak dan medan dilaluinya lebih susah.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"