Pertolongan Pertama Saat Tenggorokan Tersedak Air

Pertolongan Pertama Saat Tenggorokan Tersedak Air

Pertolongan Pertama Saat Tenggorokan Tersedak Air

Sebenarnya ini bukan merupakan rekomendasi dari dokter atau pun dari peneliti kesehatan. Tetapi ini dari pengalaman pribadi saya saat tersedak air selama kurang lebih 2 menit. Dalam waktu 25 detik tidak bisa nafas dan sisanya sangat susah sekali bernafas.

Saya kira itulah saat dimana saya bertemu dengan Sang Pencipta, tetapi Allah berkehendak lain. Saya masih diberi nikmat sehat dan panjang umur.

Kembali pada topik bahasan, yaitu pertolongan pertama bagi anda yang mengalami tersedak oleh air. Ingat ! Hal ini memang terlihat sepele namun bisa membuat anda meregang nyawa.

Pertama yang harus anda lakukan ialah jangan panik. Karena panik hanya menambah masalah, semakin anda panik malah membuat anda sibuk dengan kepanikan ketimbang menyelamatkan diri anda sendiri. Jika anda ingin menolong seseorang yang tersedak, buatlah orang itu tenang.

Kedua ialah membungkukan tubuh anda dengan kepala menunduk ke bawah. Posisi ini lebih nunduk dari posisi rukuk saat melakukan shalat. Posisi ini agar air tersebut dapat keluar dari hidung karena pengaruh gravitasi. Sambil mendorong air itu keluar dari paru-paru.

Bilamana saat menolong orang, maka posisi anda ialah dibelakang punggung orang yang tersedak. Sembari kedua tangan diperut lalu menekannya dengan refleks dan membungkukkan tubuhnya. Ataupun dengan satu tangan diperut dan satu tangan lagi menekan pundak korban. Lakukan sampai korban bisa bernafas.

Ketiga, disaat melakukan pertolongan pertama, orang lain harus menghubungi pihak rumah sakit untuk memberikan tindak lanjut. Karena jika menghubungi setelah lebih dari 30 detik, dikhawatirkan korban lebih dahulu meninggal sebelum ambulan datang. Jika ambulan datang setelah korban berhasil bernafas, pastikan anda melihat medis memeriksanya lebih lanjut.

Itulah tiga langkah saat tenggorokan tersedak air. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan tidak ada yang membuat kaget dan ketawa saat anda minum. Minumlah dengan hati-hati dan tidak terburu-buru, dan dianjurkan untuk 3 teguk sekali minum.



Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"