Ternyata Waktu Imsak Kita Salah

Ternyata Waktu Imsak Kita Salah

Ternyata Waktu Imsak Kita Salah

Waktu Sahur ialah waktu dimana orang berpuasa mengisi perut untuk menguatkan dirinya agar kuat dalam berpuasa. Sahur sendiri hukumnya sangat dianjurkan, dalam sebuah hadits dikatakan :

Anas bin Malik r.a. berkata, "Nabi bersabda, 'Makan sahurlah, sesungguhnya dalam sahur itu terdapat berkah.'" (H.R. Bukhari)

Akan tetapi ada sebuah kebiasaan masyarakat yang sebenarnya salah dalam tuntunannya. Yaitu waktu imsak. Lha imsak salah ? Yuk, simak apa yang salah dalam waktu imsak.

Imsak sendiri merupakan istilah waktu berhentinya makan dan minum serta segala yang membatalkan puasa. Dengan kata lain ialah waktu dimulainya orang berpuasa. Indonesia sendiri mengambil waktu imsak ialah 10 menit dari adzan subuh berkumandang. Padahal waktu imsak sendiri adalah waktu adzan subuh mulai berkumandang.

Allah Subhanallah wa Ta'ala berfirman : 
"...dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar..." (Q.S. Al-Baqarah : 187)
Dalam hadits disebutkan bahwa :
Dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, ‘Apabila Bilal memperdengarkan adzan pada malam hari, makan dan minumlah sehingga kamu mendengar adzan yang akan diperdengarkan oleh Ibnu Ummi Maktum, karena dia tidak mengumandangkan adzan hingga terbit fajar.'” (HR. Muttafaqun ‘alaih)
Tidak ada sejarah yang pasti mengenai mengapa mayoritas umat Muslim di Indonesia mengambil waktu imsak 10 menit sebelum adzan Subuh, akan tetapi ini sudah melekat dalam masyarakat. Jadi setelah ini anda jangan takut batal apalagi menahan lapar saat waktu imsak versi 10 menit sebelum Subuh. Karena ternyata mulainya puasa ialah saat adzan Subuh berkumandang.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"