Sejarah dan Serba-Serbi Remaja di Ask.fm

Sejarah dan Serba-Serbi Remaja di Ask.fm
Serba-Serbi Remaja di Ask.fm

Anda sudah mempunyai akun di ask.fm ? Wah, kalau belum bearti bisa dibilang kudet alias kurang up to date hehe. Ya, memang salah satu sosial media baru ini mengundang baik remaja, muda, ataupun sedikit tua untuk menjadikan ask fm sebagai trend terbarunya. Walaupun tidak mengalahkan sosial media pada OS Android. Yuk, kita ulas terlebih dahulu apa itu ask fm.

Ask fm sendiri merupakan sosial media yang dimana seseorang bisa bertanya secara anonim (menyembunyikan indetitas) atau pun sebaliknya, selain itu kita bisa menjawab pertanyaan dari pengikut anda dan atau pertanyaan harian yang disediakan oleh Ask fm sendiri.

Ask fm didirikan pada 16 Juni 2010 di Republik Latvia oleh Mark dan Ilya Terebin. Situs ini resmi dibeli oleh Ask.com, sebuah situs search engine pada 14 Agustus 2014. Setelah dibeli, ask fm mempunyai banyak fitur yang baru seperti pelaporan pertanyaan dan jawaban, pemblokiran akun, dan menonaktifkan akun. Dan berpindah markas ke Irlandia.

Sampai saat artikel ini diturunkan, sudah ada 161 juta akun yang terdaftar, 25 miliar jawaban, dan tersedia 26 bahasa. Walaupun hanya 26 bahasa tersedia, ask fm ini menerima pendaftar dari seluruh wilayah dunia.

Kembali kepada perilaku remaja menggunakan ask fm. Bayangkan saja, hanya bermodalkan akun ask fm, seseorang bisa terkenal dalam waktu dekat. Contoh Andori Andriani, seorang gadis kelahiran Padang ini tiap hari mendapat pertanyaan yang sangat banyak. Bayangkan saja, sampai saat ini sudah 8646 jawaban, 12271506 jawaban disukai, dan 481 jawaban. Bahkan akan mengadakan acara Doriyaki di Xperience Center, Senayan City pada 28 Juli 2015 untuk meluncurkan buku terbarunya.

Selain Andori Andriani, ada seorang pria asal Kota Bandung yang sering disebut sebagai Presiden Ask fm. Pria bernama Reza Pahlevi ini sudah menjawab 24024 pertanyaan, 8139232 jawaban disukai, dan 120 menerima hadiah.

Selain menjadi terkenal, contoh pertanyaannya pun beragam. Berikut penulis berhasil menghimpun beberapa pertanyaan/istilah yang terkenal di ask fm :

  1. Desc, akronim dari desribe. Yakni dimana penanya ingin penjawab mendeskripsikan dirinya.
  2. Imdesc, singkatan dari Impersonate and describe. Yakni dimana penanya ingin penjawab mendeskripsikan dirinya dan menulis kata-kata/kalimat yang sering diucapkan penanya.
  3. PAP, singkatan dari Post a picture. Yakni dimana penanya ingin penjawab mempostingkan jawaban berupa gambar apa saja.
  4. TBH, singkatan dari To be honest. Yakni dimana penanya ingin penjawab berkata jujur tentang dirinya.
Namun dibalik itu semua, ask fm kadang menjadi ajang untuk Cyber Bullying. Menurut wikipedia.org, Cyber bullying adalah kejadian manakala seorang anak atau remaja diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan oleh anak atau remaja lain melalui media internet, teknologi digital atau telepon seluler. Ya memang, dengan adanya fasilitas Pertanyaan Anonim ini membuat seseorang leluasa untuk menghina/Judge kepada seseorang tanpa indetitasnya diketahui umum.

Hayoh bagi yang belum mempunyai akun, bisa log in dengan menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, dan VK. com.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"