Apa, Kapan, dan Seberapa Cepat Jaringan 5G ?

Apa, Kapan, dan Seberapa Cepat Jaringan 5G ?
Apa, Kapan, dan Seberapa Cepat Jaringan 5G ?
Selang waktu sekitar 4 tahun Indonesia menikmati jaringan 4G, walaupun tidak merata diseluruh wilayah tetap 4G merupakan akses internet mobile tercepat saat ini. Perusahaan Teknologi terkemuka sekarang tengah menguji coba jaringan yang digadang-gadang tercepat yang pernah ada, yakni Jaringan 5G.

5G adalah Generasi kelima dari jaringan wireless atau nirkabel (jaringan tanpa kabel). Jika sebelumnya 4G hanya menikmati kecepatan minimum 100 Mb/detik dan maksimum 1 Gb/detik, jaringan 5G diprediksikan akan menikmati kecepatan 40 kali lebih cepat dari 4G. Bahkan bisa mendownload film 3D hanya dalam waktu beberapa detik saja. Frekuensinya pun dibilang super tinggi yakni sampai ketinggian 73.000 Mhz. WOW!

Diperkirakan 5G akan diluncurkan secara komersial pada tahun 2017 mendatang. Tentu tidak serta merta Indonesia akan menikmatinya secara langsung pada tahun tersebut. Atau mungkin jaringan 5G kurang pas di dompet orang Indonesia ?

Untuk meluncurkan jaringan 5G, Verizon (Perusahaan Telekomunikasi Terkemuka) akan bekerja sama dengan perusahaan jaringan Alcatel-Lucent, Cisco (CSCO, Tech30), Ericsson, Nokia, Qualcomm (QCOM, Tech30) dan Samsung.

Sumber : CNN International

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"