Pesan Kang Emil : Man Jadda wa Jada

Pesan Kang Emil : Man Jadda wa Jada
Pesan Kang Emil : Man Jadda wa Jada

Seperti biasa pria yang akrab disapa Kang Emil selalu membuat status yang lucu pada fansfage-nya. Namun, ada seorang yang berkomentar tentang bagaimana keadaan daerahnya. Dan ia berkata untuk pergi ke Kota Bandung untuk mencari inspirasi agar bisa memajukan daerahnya sendiri.

Ternyata komentar tersebut dijawab langsung oleh walikota Bandung Ridwan Kamil, beliau mengatakan :
Ingat pesan saya ini baik2: Manjadsa wajada. siman ada kemauan disitu ada jalan. Hidup sukses dicapai demga kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas. belajar dimanapun kamu berada. Jangan lupa doa ibu.
Walaupun Kang Emil menulis statusnya dengan typo, tapi kita bisa mengambil isi kandungannya. Bahwa perjuangannya selama ini ialah dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Bahkan sebuah doa ibu pun bisa menjadi sebuah pendorong bagi kesuksesan seseorang.

Bila kita perhatikan kalimat "Man Jadda wa Jada" yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapatkannya. Ini memang bukan sebuah hadits, hanyalah sebuah pepatah di negara Arab. Akan tetapi, pepatah ini mengandung motivasi yang besar bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan.

Kerja keras akan menghasilkan sesuatu yang besar, kerja cerdas akan menghasilkan sesuatu yang kreatif, kerja ikhlas menghasilkan pekerjaan yang baik serta selalu menerima apa yang ia dapat, dan kerja tuntas tanpa meninggalkan yang sedang dikerjakan akan menghasilkan ketaatan yang luar biasa. Kesemua itu harus dimiliki orang yang ingin sukses kelak.

Begitu pun sebaliknya, jika seseorang ingin sukses kelak tetapi bermalas-malasan, kerja juga seenaknya. Maka dimana letak perjuangannya dalam meraih kesuksesan ? Apakah ingin sukses itu hanyalah sebuah keinginan saja ? Patut dipertanyakan orang seperti itu.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"