Wow, Cacing ini Bisa Mengurangi Limbah Plastik dengan Cara Memakannya !

Wow, Cacing ini Bisa Mengurangi Limbah Plastik dengan Cara Memakannya !
Source : Google Image
Sampai saat ini limbah plastik masih menjadi penyebab terbesar dalam pencemaran lingkungan, ditambah penggunaan plastik kian kini semakin banyak. Tentu pencemaran lingkungan akan semakin sulit untuk ditanggulangi.

Namun beberapa bulan lalu, Studi menemukan sebuah cacing yang dapat memakan limbah pelastik atau pun styrofoam. Cacing ini bernama Mealworm, sepintas cacing ini mirip seperti ulat hongkong. Studi yang diterbitkan oleh Universitas Beihang dan Universitas Stanford menyebutkan bahwa didalam usus hewan ini terdapat mikroorganisme yang mampu mengurai polietilen (bahan umum plastik).

Dalam dokumentasinya, 100 cacing mealworm dapat mengkonsumsi 34-39 Mg styrofoam. Selain itu, cacing ini dapat mengurai plastik menjadi karbondioksida, biomassa, dan limbah biodegradable. Limbah yang dihasilkan cacing ini disebut aman untuk digunakan pupuk tanaman.

Jika Jakarta menghasilkan sampah sebanyak 6.700 ton perhari. Kita asumsikan 60% adalah sampah plastik. Maka dibutuhkan sekitar 2-3 juta ekor cacing untuk menghabiskan semua sampah plastik di Jakarta per harinya *. Tapi ini tidak mungkin penggunaan cacing mealworm ini menjadi cara besar untuk menganggulangi pencemaran lingkungan.

*Data yang disajikan bukan data yang sebenarnya dan hanya perkiraan


Sumber : CNN International

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"