Inilah Tanda-Tanda Setelah Datangnya Malam Lailatul Qadar

Inilah Tanda-Tanda Setelah Datangnya Malam Lailatul Qadar
Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya malam Lailatul Qadar. Pada malam ini, jika kita melakukan ibadah maka pahalanya lebih baik beribadah selama seribu bulan. Allah subhanahu wa ta'ala tidak memberi tahu kapan malam Lailatul Qadar itu sendiri, tetapi Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam bersabda bahwa Lailatul Qadar terjadi antara 10 malam terakhir dibulan Ramadan.
"Semangatlah (dalam riwayat lain : Carilah) lailatul qadar pada (malam ganjil) dari sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan (HR. Bukhari dan Muslim)
Akan tetapi, ada beberapa tanda-tanda yang terjadi setelah datangnya Lailatul Qadar. Berikut tanda-tandanya :

1. Matahari Terbit Tidak Menyilaukan Mata

Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam bersabda,
"Pagi hari setelah malam lailatul qadar, matahari terbit tidak menyilaukan (cahayanya) seakan-akan seperti bejana hingga meninggi." (HR. Muslim)

2. Bulan Terbit seperti Potongan Bejana

Dari Abu Hurairah ra. beliau berkata : "Kami menyebut-nyebut lailatul qadar disisi Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam. Beliau bersabda : 'Siapa diantara kalian yang ingat, ketika bulan terbit seperti potongan bejana' " (HR. Muslim)

3. Hawa pada Lailatul Qadar Tidak Terlalu Panas dan Tidak Terlalu Dingin

Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam bersabda,
Lailatul Qadar (adalah) malam yang dirahmati, diberkati, tidak panas dan tidak dingin, matahari terbit di pagi hari (cahayanya) tidak menyilaukan mata lagi kemerah-merahan" (HR. At-Thayalisi, Ibnu Khuzaimah, dan Al-Bazzar)

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"