Siapakah yang Disebut Pencurian Terburuk oleh Rasulullah ?

Siapakah yang Disebut Pencurian Terburuk oleh Rasulullah ?
Siapakah yang Disebut Pencurian Terburuk oleh Rasulullah ?
Sahabat, tindak pencurian yang terburuk menurut Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam ialah orang yang mencuri shalatnya. Seperti apakah orang yang mencuri shalatnya ? Simak hadits berikut :
"Pencurian terburuk yang dilakukan manusia adalah orang yang mencuri shalatnya", orang-orang bertanya "Bagaimana ia mencuri shalatnya", beliau bersabda "tidak menyempurnakan rukuk dan sujud shalatnya" (HR. Ahmad)
Dengan kata lain ialah tidak thuma'ninah. Thuma'ninah adalah rukun shalat yang membiarkan punggung tenang ketika rukuk dan sujud, menegakkan punggung ketika bangun dari rukuk, dan meluruskannya ketika duduk diantara dua sujud.
Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam bersabda, "Tidak sah shalat seseorang hingga ia menegakkan punggungnya ketika rukuk dan sujud." (HR. Abu Dawud)
Dalam hadits lain disebutkan bahwa orang yang tidak thuma'ninah dalam shalat mendapatkan celaan dari Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam.
Diriwayatkan dari Abu Abdullah Al-Asy'ari, bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam shalat bersama para sahabatnya, kemudian beliau duduk ditengah sekelompok orang dari mereka. Lalu seorang laki-laki masuk dan mendirikan shalat. Ia rukuk dan mengangguk dengan cepat di dalam sujudnya.
Nabi shallallahu'alaihi wassalamo bersabda, "Apakah kalian melihat orang itu ? Barang siapa ia meninggal dalam kondisi ini, maka ia meninggal diluar ajaran Muhammad, ia mengangguk dengan cepat didalam shalatnya layaknya burung gagak yang mematuk darah. Sesungguhnya perumpamaan orang yang rukuk dan mengangguk dengan cepat didalam sujudnya adalah seperti orang yang lapar yang memakan satu atau dua butir kurma, akankah keduanya mencukupi kebutuhannya."
(HR. Ibnu Khuzaimah dalam kitab shahih-nya, 1/332. Lihat Sifat shalat Nabi karya Syaikh Al-Bani, 131)
Marilah sekarang kita lebih memelihara shalat kita dengan thuma'ninah ketika rukuk dan sujud. Tidak thuma'ninah bearti harus mengulangi shalatnya lagi.

Wallahu'alam, Allah Pemilik Segala Ilmu.

Referensi : Muharramat Istana bihan Nas karya Muhammad bin Shalih Al-Munajjid, terjemahaan : Haram tapi Disukai diterjemahkan Muhammad Muhtadi, Lc, M.Si

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"