Lauh Mahfudz, 'Server' Terbesar Alam Semesta

Lauh Mahfudz, 'Server' Terbesar Alam Semesta
Lauh Mahfudz, 'Server' Terbesar Alam Semesta
Segala sesuatunya, setiap kejadian, dan takdir serta nasib tidak ada yang kebetulan semata, semua telah diatur dan ditulis pada Lauh Mahfudz, bahkan sehelai daun terjatuh saja sudah tercatat di Lauh Mahfudz.
"Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata.(lauh mahfudz) " (Al-An'am : 59)
Lauh Mahfudz sendiri secara bahasa terdiri dari dua kata, Lauh bearti lembaran, dan Mahfudz bearti terjaga. Lauh Mahfudz bisa diartikan sebuah kitab berisi lembaran-lembaran yang mencatat semua kejadian atau peristiwa yang terjadi di alam semesta. Sebutan lain untuk Lauh Mahfudz ialah Al-Kitab, Al-Kitabul Mubin, Imamul Mubin, Ummul Kitab, dan Kitab Masthur.
"Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfudz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." (Al-Hadid : 22)
Lauh Mahfudz bertempat diatas langit tertinggi yang dijaga ketat sekali oleh para Malaikat, sering kali setan dari golongan jin ingin mengambil sebuah informasi untuk 'dijual' kepada para manusia untuk kemusyrikan. Akan tetapi usaha mereka selalu gagal karena selain penjagaan yang super ketat, mereka juga akan dilemparkan sebuah bintang ke arahnya. Hal ini sesuai firman Allah tabaraka wa ta'ala :
"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang (nya), dan Kami menjaganya dari tiap-tiap setan yang terkutuk, kecuali setan yang mencuri-curi (berita) yang dapat didengar (dari malaikat) lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang." (Al-Hijr : 16-18)
Mengapa Lauh Mahfudz disebut sebagai 'Server' Terbesar di Alam Semesta ? Server sendiri merupakan tempat layanan yang menyimpan data-data informasi pengguna yang tersimpan dalam database. Server juga terdapat sebuah sistem keamanan jaringan yang menjaga kerahasiaan informasi dari serangan-serangan luar oleh pencuri data.

Nah begitu juga dengan Lauh Mahfudz, seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa data informasi yang tersimpan dalam database ialah segala kejadian yang tertulis dalam lembaran-lembaran, sistem keamanan yang dimiliki oleh Lauh Mahfudz ialah barisan malaikat yang menjaganya, dan serangan pencuri data ialah setan yang selalu berusaha mendapatkan informasi yang tertulis.

Sama halnya seperti Server yang dibuat dan diatur oleh seorang Administator, Lauh Mahfudz sendiri dibuat, diatur, dan ditetapkan oleh 'Admin' yang memegang kendali sepenuhnya. Siapa ? Ialah Allah subhanahu wa ta'ala, Tuhan Seluruh Alam.
"Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul Kitab (Lauh Mahfudz)." (Ar-Ra'd : 39)
Wallahu'alam, Allah Pemilik Segala Ilmu.

Referensi :
Menyingkap Misteri Lauh al-Mahfudz, diakses dari http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/gaya-sufi/14/02/27/n1mzex-menyingkap-misteri-lauh-almahfudz-1
Jangan Berputus Asa Terhadap Sesuatu yang Luput Darimu,diakses dari https://rumaysho.com/1215-jangan-berputus-asa-terhadap-sesuatu-yang-luput-darimu.html

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"