Mengenal Jenis-Jenis Akad Tabungan pada Bank Syariah

Mengenal Jenis-Jenis Akad Tabungan pada Bank Syariah
Mengenal Jenis-Jenis Akad Tabungan pada Bank Syariah
Wajar jika Umat Islam takut menabung di Bank, karena sistem yang dipakainya mengandung hukum riba. Hukum riba disini adalah haram. Ketakutan inilah membuat beberapa Bank di Indonesia mengeluarkan produk-produk tabungan yang berlandaskan hukum Islam atau Syariah.

Orang awam mungkin akan sedikit bingung dengan istilah pada Bank Syariah, seperti jenis-jenis tabungan. Umumnya Bank Syariah mengeluarkan dua jenis tabungan, yaitu Mudharabah dan Wadiah. Jenis-jenis tabungan ini disebut Akad.

Akad sendiri bearti Perjanjian atau Kontrak atau Mengikat. Namun pengertian akad dalam Perbankan Syariah adalah ikatan dari ijab (penawaran - pihak calon nasabah yang mengajukan) dan qabul (penerimaan - pihak bank Syariah) yang sesuai dengan prinsip Syariah.

Mudharabah ialah akad tabungan yang berisi perjanjian kerja sama antara nasabah dengan pihak bank Syariah, dimana nasabah memberikan dana dan pihak bank selaku pengelola, nantinya kedua pihak mendapat keuntungan sesuai nisbah (persentase bagi hasil) yang telah disepakati.

Mudharabah dibagi menjadi dua, yaitu :
  • Muthlaqah : akad dimana pemilik modal menyepakati nisbah diawal dengan pihak pengelola. Pemilik dana memberikan kebebasan pengelolaan kepada pihak pengelola. Dan kerugian ditanggung oleh pemilik modal.
  • Muqayyadah : akad dimana pemilik modal menentukan batasan tentang usaha kepada pihak pengelola. Nisbah disepakati diawal dan kerugian ditanggung oleh pemilik modal.

Wadiah ialah akad titipan, dimana nasabah menitipkan secara penuh dana mereka kepada pihak bank tanpa adanya bagi keuntungan.

Wadiah dibagi menjadi dua, yaitu :
  • Yad Adh-Dhamanah : akad dimana pihak pengelola bebas memanfaatkan dana titipan tetapi wajib mengembalikan dana secara utuh ketika nasabah menginginkannya. Kerugian ditanggung oleh pihak Pengelola.
  • Yad Al-Amanah : akad dimana pihak pengelola dilarang memanfaatkan data titipan, namun jika ada kerugian sepenuhnya ditanggung oleh nasabah.

Referensi :
Macam Jenis Akad Tabungan di Bank syariah, diakses dari http://www.syariahbank.com/macam-jenis-akad-tabungan-di-bank-syariah/
Pengertian & perbedaan akad mudharabah dan wadiah bank syariah, diakses dari http://uangindonesia.com/perbedaan-akad-mudharabah-dan-wadiah/

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"