Pengiriman JNE Bermasalah ? Begini Cara Komplainnya

Pengiriman JNE Bermasalah ? Begini Cara Komplainnya
Pengiriman JNE Bermasalah ? Begini Cara Komplainnya
Berbelanja online bukanlah hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Rasa malas mencari barang keluar rumah atau barang yang dicari susah didapat, akhirnya pilihan terakhir ialah membeli barang secara online sekalipun penjual berada di luar kota. Selain itu, mengirimkan barang keluar kota sedangkan kita tidak mempunyai kendaraan juga membuat kita menitipkan barang kepada Jasa Pengiriman Barang.

Salah satu jasa pengiriman barang yang umum digunakan ialah JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir yang didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Pemilihan JNE sebagai jasa pengiriman barang dan logistik dikarenakan banyaknya gerai cabang, kurir pengantar, dan barang datang yang sesuai dengan estimasi yang diperkirakan.

Namun, terkadang pengiriman oleh JNE terkendala. Entah apa penyebabnya, akan tetapi pengiriman barang bisa lebih dari waktu yang diperkirakan, resi tidak terdeteksi, barang hilang, dan lain-lain. Anda tidak usah khawatir, karena JNE membuka anda untuk melakukan komplain.

Kenali Penyebab

- Resi yang tidak terdeteksi. Tunggu saja 1x24 jam setelah pengiriman, karena bisa saja resi belum diinput pada server JNE. Ini biasanya disebabkan barang dikirim di agen kecil JNE, sehingga barang harus diantarkan ke kantor cabang JNE untuk disortir sebelum dikirim ke penerima.

- Resi sempat terdeteksi tetapi kemudian tidak bisa dilacak. Tunggu beberapa saat, karena mungkin server JNE sedang mengalami proses input/pembaruan data.

- Pengiriman barang melebihi waktu estimasi, atau barang hilang. Silahkan membuat laporan tentang masalah anda kepada pihak JNE.

Cara Komplain kepada JNE

  1. Silahkan menghubungi Customer Service JNE, bisa melalui akun twitter @JNECare atau fansfage Facebook JNE. Kirim pesan pada Direct Message atau Inbox salah satu akun tadi beserta masalahnya seperti apa, nomor resi pengiriman, alamat lengkap penerima barang, patokan rumah/alamat, dan nomor telepon penerima.
  2. Pihak Customer Service JNE akan merespon dengan membuat laporan kepada cabang JNE kota penerima.
  3. Tunggu sampai ada tindak lanjut dari JNE.
Saya (admin) pernah mengalami kendala saat menunggu kiriman barang. Paket tersebut belum sampai ke rumah padahal sudah melewati waktu estimasi pengiriman. Sore hari saya melakukan komplain dan ternyata langsung ditindak lanjuti oleh pihak Customer Service JNE. Dan keesokan harinya, barang saya sampai dan kurir JNE menyampaikan permintaan maaf karena keterlambatan pengiriman paket saya tersebut.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"