Anda Suka Konsumsi Beras Merah ? Ini Manfaatnya Untuk Anda

Anda Suka Konsumsi Beras Merah ? Ini Manfaatnya Untuk Anda
Anda Suka Konsumsi Beras Merah ? Ini Manfaatnya Untuk Anda
Beras merah adalah makanan pokok yang dipercaya lebih sehat ketimbang beras putih. Walaupun begitu, masyarakat jarang sekali mengkonsumsi beras merah ketimbang beras putih biasa. Harga dipasaran, beras merah sekitar 17.000-20.000 rupiah, sedangkan beras putih antara 9.000 sampai 11.000 rupiah.

Bagi anda pecinta beras merah, setidaknya anda mendapatkan manfaat lebih daripada mengkonsumsi beras putih. Diantaranya adalah berikut :

1. Bagus untuk bayi

Beras merah menjadi salah satu makanan pendamping ASI yang baik bagi bayi. Karena kandungan gizi yang tinggi, seperti serat, vitamin E, vitamin B6, magnesium, dan protein. Namun jangan terlalu banyak memberi bayi beras merah, karena dapat mengakibatkan masalah pencernaan.

2. Mencegah risiko penyakit kanker dan jantung

Karena tingginya kandungan Selenium yang berfungsi sebagai memperbaiki sel yang rusak. Selain itu, beras merah dapat mencegah plak di arteri jantung, dan menjaga kadar kolesterol.

3. Kandungan kalsium yang tinggi

Seperti yang kita ketahui, bahwa kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

4. Menjaga sistem saraf dan reproduksi tetap optimal

Kandungan mangan yang besar yaitu sekitar 3,74 mg dalam 100 gram beras merah yang dapat mengoptimalkan sistem saraf dan organ reproduksi.

5. Cocok untuk anda penderita Diabetes

Beras merah dapat menstabilkan gula darah, sebaliknya nasi putih justru meningkatkan peluang diabetes tipe-2.

Mungkin ada yang bertanya mengapa beras merah lebih sehat ketimbang beras putih ? Hal ini dikarenakan proses panen beras yang berbeda, proses panen beras putih akan lebih menghilangkan  vitamin, mineral, dan serat.

Sumber : Republika Online, Klik Dokter

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"