Hal-Hal Ini Hanya Ada di Bulan Ramadhan Saja

Hal-Hal Ini Hanya Ada di Bulan Ramadhan Saja
Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Bulan ini adalah bulan dimana segala amal ibadah akan dilipat gandakan nilai pahalanya. Di Indonesia, bulan Ramadhan dirayakan dengan meriah. Tentu karena Indonesia berpenduduk dengan agama Islam terbesar di Dunia.

Berikut beberapa hal yang hanya kita saksikan pada Bulan Ramadhan saja khususnya di Indonesia :

1. Iklan tentang Ramadhan

Jangankan saat bulan Ramadhan, beberapa minggu sebelumnya pun Televisi akan mulai menayangkan iklan tentang Ramadhan. Sobat tahulah produk mana yang rajin sekali menayangkan iklan Ramadhan.

2. Sidang Isbat Ramadhan

Isbat bisa bearti penyuguhan, penetapan, atau penentuan. Sidang Isbat disini ialah penentuan awal bulan Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama bersama MUI dan ormas Islam. Dahulu Sidang Isbat bisa disaksikan secara langsung melalui Televisi, namun sejak Kemenag dipimpin oleh Lukman Hakim Saifuddin sidang isbat dilakukan secara tertutup.

3. Acara Televisi

Seakan menjadi kebiasaan, saat Ramadhan tiba semua stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan khusus Ramadhan. Mulai dari acara Dakwah, Ensiklopedia, Lomba-Lomba, Kultum menjelang adzan Maghrib, Hiburan, dan lainnya. Selain itu, biasanya setiap acara akan dipenuhi kuis-kuis berhadiah dari sponsor acara tersebut.

4. Ngabuburit

Burit dalam bahasa Sunda artinya Sore. Ngabuburit bisa diartikan sebagai kegiatan untuk mengisi waktu sore sembari menunggu waktu berbuka puasa. Banyak tempat yang bisa dijadikan objek, misalnya lapangan, tempat jajanan, pasar, tempat wisata, termasuk rumah sendiri ya sobat.

5. Pesantren Kilat

Dalam bulan Ramadhan, biasanya beberapa sekolah dan pesantren akan mengadakan program Pesantren Kilat. Dinamakan kilat karena waktu pelaksanaannya yang sebentar, paling cepat 2-3 hari dan paling lama biasanya sekitar dua minggu. Tapi ya sobat, jangan mentang-mentang namanya kilat jadi ilmunya lupa dalam sekilat hehe.

6. Kebiasaan Membangunkan Warga Untuk Sahur

Salah satu kebiasaan Muslim di Indonesia ialah membangunkan warga untuk sahur. Banyak cara untuk membuat bangun warga seperti pengumuman melalui pengeras suara masjid, alat musik, atau mengetuk pintu secara langsung. Tapi jangan sampai mengganggu dan terlalu pagi ya sobat.

7. Buka Bersama

Buka Bersama sering dijadikan sebagai ajang silaturahmi dan reuni bersama teman kantor, sekolah, atau kawan lama yang lama tidak bertemu. Tapi tetap buka bersama yang paling bahagia dan berpahala ialah berbuka puasa bersama anak yatim.

8. Minuman dan Makanan Khas Ramadhan

Kolak, Kue, Bolu, dan Kurma adalah makanan yang seakan menjadi khas bulan Ramadhan, karena keberadaannya yang banyak saat bulan yang penuh berkah ini. Selain itu akan banyak makanan lain yang khas di bulan Ramadhan sesuai dengan kultur daerah tersebut.

Itulah beberapa hal yang menjadi ciri khas datangnya bulan Ramadhan di Indonesia, kira-kira ada yang mau menambahkan selain yang diatas ? Silahkan ya sobat melalui kolom komentar.

Beri Komentar
Silahkan berkomentar dengan bijak. Jika tidak memiliki akun Disqus, silahkan klik komentar Disqus lalu klik kolom Nama dan centang "Komentar Sebagai Tamu"